MyAtmosphere

Be Teacher Of The World

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Sabtu, 18 Juli 2009

Jenis Kelinci

Diposting oleh Reyhan Afnan V.Alvaro is My Son

Mengenal beragam ras kelinci ini saya kutip dari buku Faiz Manshur poenya..karena menurut sy ini sangat bermanfaat bagi para peternak kelinci, terutama yg baru berkecimpung didunia perkelincian yg belum tahu bagaimana mengetahui jenis kelnci yg mereka punya..berikut jenis – jenis kelinci :

1. New Zealandnewzealand

Jenis Kelinci ini sangat mudah ditemukan di Jateng dan Jatim indonesia..biasanya banyak yg menyebutnya Terwelu Australi. Kelinci ini mudah dalam perawatannya, dan g rewel makan, berat dapat mencapai 4,5 – 5 Kg, New Zealand bisa beranak banyak antara 8 – 12 ekor setiap dua bulan sekali. Dagingnya bagus untuk pedaging, kulit dapt pula dimanfaatkan untuk jaket atau aksesoris walaupun tidak sebagus jenis Rex.

Ciri Ciri New Zealand :

yang paling menonjol terletak pada warnanya yg putih bersih, dengan mata warna merah murni (Albino) dan telinga merah muda, atau terkadang berwarna hitam atau kemerah-merahan.

Flemist Giant2. Flemish Giant

Sisi unik dari jenis ini adalah tubuhnya yg besar, ada tujuh variasi yg diakui dari jenis ini yaitu hitam, biru, cokelat, abu-abu muda, warna pasir, warna baja, dan putih. Berat badan induk pejantan biasanya mencapai 5,6 Kg. sedangkan betina 6,7 Kg, namun kadang2 jenis ini sering pula mencapai berat antara 8,5 kg, 11 kg, bahkan 29 Kg..waou (saya juga belum pernah tahu secara langsung)

Cirinya sebagaian besar bulunya berwarna abu-abu dan tampak totol totol. sementara kepala dan telinga lebih gelap dari sisa tubuh lainnya. Usai kawin Flemish Giant mungkin tergolong telat, yakni baru mulai bisa kawin di usia 8 atau bahkan 10 bulan. produktivitas peranakannya rata2 melahirkan 6-8 anak, terkadang juga mampu 10 ekor anak.

0 komentar: